Pages

Selasa, 28 Februari 2012

teri sambal lado ijo




dari kemaren2 udah ngiler pengen bikin menu yg satu ini... baru kesampean hari ini...
rasanya emang seger dan pedesnya mantap... untuk temen nasi disaat makan siang sangat cocoklah, menu khas padang ini emang favorit saya..

untuk campurannya gak harus selalu pake teri, pake ayam juga nikmat, atau terong... pokoknya bisa bikin nambah terussss...

BAHANNYA :

-100 gram teri jengki ukuran sedang, goreng hingga matang
-terong ungu 2 buah, potong dadu, goreng.
-cabai besar hijau 10 buah
-i papan pete, kupas
-cabai rawit merah 4 buah
-tomat hijau ukuran sedang 1 buah
-bawang merah 6 butir
-minyak goreng 2 sendok makan
-garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :

-Kukus cabai hijau, cabai rawit, tomat dan bawang merah selama 5 menit. Angkat.
-Tumbuk kasar.
-Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk hingga layu. masukkan terong, pete dan teri Tambahkan garam dan gula, aduk rata.
-Angkat dan sajikan.

Kamis, 09 Februari 2012

udang tempura


Sup Pangsit Ayam



bikin sup pangsit ayam disaat cuaca dingin pasti pas...cocok...mantaapp ^_^
tapi sayang...anak2 gak suka kulit pangsitnya, katanya rasanya gak enak...maklum aku belinya yg udah jadi di pasar, mungkin tidak fresh yaa...jadi ada rasa agak2 asem gitu. huuu... maafin emak deh

so..anak2 cuma makan isinya aja, gak apa2 deh yg penting bisa dinikmati ya, lain kali kalo mau beli kulit pangsit mesti di cek dulu deh..biar tau fresh apa engga.

Bahan pangsit :

-Kulit Pangsit 20 lembar
-Fillet ayam 300 gram, cincang
-Telur ayam 1 butir
-Royco ayam 1 bungkus
-2 buah wortel, iris halus
-Merica bubuk 1/4 sendok teh

Bahan kuah :

-Air 1 liter
-Royco ayam, 1 bungkus
-Daun bawang 2 batang, potong kasar
-Seledri 1 batang, potong kasar
-Jahe 2 cm, iris halus
-Merica bubuk, 1/4 sendok teh
-Garam, 1/2 sendok teh
-Bawang putih, 3 siung, cincang kasar
-Minyak goreng, 3 sendok makan
-Minyak wijen, 1 sendok teh
-Kecap asin 1 sendok teh

Cara memasak :

-Pangsit : Campur ayam yang telah dihaluskan, royco ayam,merica, wortel dan telur ayam. Aduk hingga tercampur rata. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan lalu lipat seperti pangsit. Kukus selama 10 menit, angkat.

-Kuah : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tuangkan air, garam, royco ayam, dan semua bahan lainnya kecuali minyak wijen. Aduk rata, didihkan.
-Masukkan pangsit ayam, aduk rata, masak hingga bumbu meresap.
-Tuangkan minyak wijen, aduk rata, angkat.
-Tuang sup ke mangkuk.
-Sajikan hangat

Kamis, 02 Februari 2012

Panada Isi Kornet

Dulu suka beli panada di pasar, tapi sejak ibu penjual langgananku itu pindah ke Bogor jadi gak bisa menikmati lagi jajanan2 nya yg enak2...salah satunya panada.
iseng2 liat di buku ada resepnya, trus coba bikin tapi isinya aq ganti dgn kornet karena ikan tongkolnya gak ada.

tapi msh blm puas karena blm sesuai dgn yg diharapkan, apalagi blm coba pake ikan tongkol sesuai aslinya.
tapi lumayan lah utk cemilan sore2, pas anak2 pulang ngaji disuguhin panada ini langsung senang tuh...Alhamdulillah



Resep dari : buku aneka jajan pasar populer
penerbit tim dapur media
modifikasi : Dewi

bahan kulit :

- 500 gram tepung terigu
- 1/2 bgks ragi instan
- 1 sdt garam
- 2 sdt gula pasir
- 1 telur, dikocok
- 1/2 sdm margarin
- 300ml santan, dihangatkan sebentar
- minyak utk menggoreng



bahan isi :

- 200 gram ikan tongkol (saya ganti dgn kornet)
- 1/2 sdt garam
- 2 lmbr daun jeruk
- 1 buah wortel, serut halus
- 200 ml santan

bumbu halus :
- 3 buah cabe merah
-4 siung bwg merah
- 2 siung bawang putih

cara membuat :

kulit : campur tepung terigu, ragi,garam,gula, telur dan margarin, uleni hingga kalis sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. biarkan selama 30 menit.

tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum, masukkan kornet,wortel, aduk rata.
tambahkan santan, garam dan gula. aduk hingga kering. angkat, dinginkan.

timbang adonan kulit seberat 40 gram, bentuk bulat, pipihkan.
beri 1 sendok makan adonan isi, lipat setengah lingkaran, pilin pinggirnya sampai rapat.
goreng hingga matang dgn api sedang.


(

Ada kesalahan di dalam gadget ini