Pages

Minggu, 26 Desember 2010

Es PKI



Akhirnya tercapai juga makan peuyeum ketan item plus es dung-dung yg lewat di dpn rmh niihh....^^

lebih sedap ditambah irisan nangka, hmmzz...segerrr !!
cocok buat dessert abis makan siang

Rabu, 08 Desember 2010

Tumis tulang jambal


Bahan :

-1/2 kg tulang jambal
-4 siung bwg putih
-4 siung bwg merah
-4 bh cabe ijo
-2 bh cabe merah
-1 bh tomat
-daun bawang
-daun salam
-1 ruas jahe
-10 bh cabe rawit merah utuh
-1 papan pete
-1 sdm kecap manis
-1sdm saos tiram
-garam, kaldu bubuk, air secukupnya.

caranya :

-cuci bersih tulang jambal, tiriskan lalu goreng 1/2 matang, sisihkan.
-tumis bumbu iris sampe harum, masukkan tulang jambal, kecap manis, saos tiram, garam, bumbu kaldu bubuk dan air. setelah agak menyusut masukkan cabe rawit dan pete.

Sabtu, 27 November 2010

pepes tahu




menu hari ini pepes tahu aja, bikinnya pake bumbu ulek jd tmbh meresap.
klo ada bisa ditambahin kerupuk palembang yg di remes2 trus diaduk sama adonan pepesnya...hmmmm tambah yummy, tp ini gak pake coz gak ada krupuknya :))

"PEPES TAHU"

Bahan :

- 5 buah tahu kuning, haluskan
- daun kemangi
- daun salam 6 lembar
- cabe rawit merah utuh 12 biji
- 1 butir telor ( aq gak pake)
- 6 buah kerupuk ikan, remes2 (duh meni jadi kayak apaaa gitu..hihihi)

bumbu (haluskan) :
- 3 bh cabe merah
- 4 siung bwg merah
- 2 siung bwg putih
- 1 sdt garam
- kaldu bubuk secukupnya (aq pake maggi blok 1 biji)

caranya :

- campur tahu dgn bumbu halus, kemangi,telor dan kerupuk remes.
- ambil 1 lmbr daun pisang, letakkan 3 sdm adonan tahu, daun salam dan cabe rawit merah utuh 2 biji. lakukan terus sampe adonan abis.
- bungkus lalu kukus hingga mateng kira2 30 menit aja.
- sajikan selagi hangatzzz...

Rabu, 24 November 2010

Nasi tumpeng Ultah-ku



for the first time...
bikin tumpeng dadakan buat ultah sendiri, tadinya gak ada rencana mau numpeng.
tapi liat di kulkas ada bahannya ya udah akhirnya turun ke dapur en nguplek sendirian dari pagi sampe siang pas anak2 pulang sekolah tumpengnya udah jadi...

Daripada beli cake ultah, rasanya gitu2 aja..bosen, kalo tumpeng kan bisa di pake makan siang bareng anak2.
trus bisa ngirim ibu mertua juga nih...hehehe
atributnya yg umum2 aja, ayam bakar, sambal goreng tempe, rendang telor, bihun goreng, perkedel sama sambal.
susunannya belom bisa rapi :( makluuumm...pemula banget, bikin nasi tumpengnya masih kurang padat, hiasannya juga belom bisa yg macem2... cuma timun yg di jejerin sama mangkuk tomat, hehehe...

next time mungkin lebih baik...
yg penting harus banyak belajar lagi, biar tumpeng berikutnya makin sipppp...!!!

HAPPY BIRTHDAY FOR ME..

Sabtu, 13 November 2010

Soto Ayam


Cuaca dingin bawaannya pgn makan yg panas2 yaaa..
akhirnya pilihan jatuh pd soto ayam ini, lumayan seger karena sambel rebusnya yg pedazzz...plus acarnya yg asem2 seger, cuma sayang bgt gak pny kerupuk udang jadinya pake krupuk mie aja deh..!!

bahan :

-1/2 ekor ayam, potong jd 2 bagian
-1500 cc air
-1 cm jahe, memarkan
-6 siung bawang putih ditambah 1 ruas kunyit, haluskan
-2 batang serai, memarkan
-5 lembar daun jeruk purut
-½ sendok teh lada bubuk
-½ sendok teh kaldu ayam bubuk
-1 sendok teh garam
-1 sendok teh penyedap rasa, jika suka
-Minyak goreng secukupnya

Pelengkap:

150 gram soun, seduh
2 butir telur rebus
1 batang seladri, iris halus
Bawang goreng secukupnya
100 gram taoge
2 buah jeruk nipis, potong- potong

Caranya :

-Rebus ayam hingga empuk lalu suwir-suwir.
-Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, jahe, lada, daun jeruk, lada, kaldu ayam, penyedap rasa. Masukkan kedalam air rebusan ayam. MAsak hingga mendidih. Angkat.
-Tata dimangkuk soun, taoge, telur rebus, ayam, tuang kuah ayam. Taburkan bawang goreng, daun seledri,beri perasan jeruk nipis.
-Hidangkan.

Jumat, 12 November 2010

Udang saos tiram





Punya udang di freezer udh 4 hari...binun sekali mo dibikin apa, liat2 bumbu cm ada saos tiram...ya udah jadilah udang saos tiram yg minimalis bgt coz pake bumbu yg ada aja nih... tp rasanya tetep uenaakkk...*muji sorangan*
sok...yg mau masak nih ada resepnya

Udang Saos tiRam

Bahan
-250 gr udang ukuran sedang
-2 siung bwg putih, cincang
-2 siung bwg merah, iris halus
- 1 cm jahe, iris halus
- 2 bh cabe merah, iris bulat
- garam & merica bubuk
- 2 sdm saos tomat
- 3 sdm saos tiram botolan
- 1 sdm kecap manis
- minyak goreng
- air secukupnya

caranya:

- bersihkan udang,buang kepalanya sisakan ekornya.
- lumuri air jeruk nipis
- panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris hingga harum, masukkan udang, saos tiram, saos tomat dan kecap, tambahkan air secukupnya. beri garam dan merica bubuk, aduk hingga kuah mengental, terakhir tambahkan irisan cabe merah.

"makannya pas baru mateng pake nasi pulen anget, wow...top deh !!"

Senin, 08 November 2010

pepes ayam




kalo bosen masak ayam yg digoreng ataw dibakar...bikin pepes ayam aja yuuukkk...!!
nah...yg ini bagian emak sama anak2nya dehhh...hehehe

PEPES AYAM

bahan:
1/2 ekor ayam, potong cuci bersih
2 bh cabe merah, iris tipis
daun bawang, iris
2 btg serai, iris
daun kemangi
daun salam
daun pisang

bumbu halus :
4 siung bwg merah
3 siung bwg putih
3 butir kemiri
2cm kunyit
1 sdt garam

caranya :
-lumuri ayam dgn campuran bumbu halus, bumbu iris dan daun kemangi
-ambil selembar daun pisang, letakkan daun salam dan ayam, tambahkan sisa bumbu diatas ayam.
-bungkus, semat pake lidi or tusuk gigi. kukus sampe mateng kira-kira 45 menit pake api sedang.
-sajikan pas msh anget2 yaaa... :)

Minggu, 07 November 2010

Oseng teri medan


Bahan :

100 gram teri medan
2 siung bwg putih
2 siung bwg merah
2 bh cabai merah
2 bh cabai ijo
cabe rawit merah sesuai selera
daun salam
1 papan pete (aq gak pake)
lengkuas
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

caranya :

cuci teri, tiriskan. semua bumbu di iris halus, kecuali rawit sama pete
panaskan minyak trus tumis bumbu sampe harum, kasi garam, gula pasir, masako. masukkan teri, aduk2...terakhir masukin rawit sama pete kasi air dikit. aduk sampe air agak menyusut atau sesuai selera....hidangkan.

Rabu, 03 November 2010

Cobek ikan Ibu mertua ^_*



ni "cobek ikan" resep ibu mertuaku...kalo pas ngumpul2 di rumah mamah pasti aja bikin cobek ikan ini, makannya rame2 tambah sedaaapp...!!!

bahan:
-ikan mas jumlah sesuai selera aja (klo gak ada bisa pke ikan mujair nila)
-2 siung bawang merah
-1 siung bawang putih
-1 buah cabe merah
-1/2 ruas kencur
-1/2 ruas jahe
-terasi dikiiit
-5 buah cabe rawit ( sesuai selera aja ya)
-1 buah tomat
-daun kemangi secukupnya (aq gak pake coz lg gk ada :)
-1 buah jeruk limo
-garam secukupnya
-gula merah secukupnya
-air panas secukupnya

caranya:
-bersihkan ikan trus digoreng
-bwg merah,putih,cabe,kencur,jahe, terasi dibakar
-kemudian di ulek sama cabe rawit,garam,gula tp jgn sampe halus...kasar aja
-seduh dgn air panas trus masukkan ikan
-ikannya di penyet pake ulekan tp jgn sampe hancur :)
-terakhir kasi irisan tomat, air perasan jeruk limo dan taburan daun kemangi

Sabtu, 23 Oktober 2010

Nasi Liwet Teri



Malam minggu pgn makan nasi liwet...akhirnya bikin juga, sederhana bgt coz cuma memanfaatkan bahan2 yg ada aja...
tp tetep nikmat apalagi makannya pas lagi panas2, asin teri nya yg kriuk-kriuk plus sambel tomatnya yg segerr... ^^
Ada kesalahan di dalam gadget ini