Pages

Selasa, 20 Desember 2011

tempe mendoan




sebenernya pgn bikin tahu isi gara2 ngeces liat tahu isi punya mba Melly, tp tadi gak nemu tahu di tkg sayurnya..adanya cuma tempe >_< ya udah ambil aja hehe...
mau dibuat tempe mendoan aja deehh..buat maksi juga enak, dicocol pake kecap pedas..hmmm mak nyozzz...^.^

bahannya :
- 1 papan tempe potong tipis2 (tergantung besanya tempe ya, klo aq jd 10 potong)
- 1 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 batang daun bawang iris halus
- garam secukupnya
- kaldu bubuk secukupnya (klo yg suka)
- 2 sdm tepung beras
- 4 sdm tepung terigu
- air secukupnya

caranya :
- haluskan ketumbar, bwg putih dan garam.
- campur trigu dan tepung beras, beri air (jgn terlalu kental or encer )
- masukkan bumbu halus dan daun bawang, aduk hingga rata
- celupkan tempe satu persatu langsung goreng dgn api sedang hingga setengah matang ( kalo mendoan kan teksturnya kayak setengah matang ya..^^)
- sajikan panas2 dengan kecap pedas atau cabe rawit

puding nangka saus mangga




kemaren siang beli nangka di pastrad, mau di bikin es teler tp ga ada alpukatnya...
akhirnya jadi puding busa yg dicampur irisan nangka trus bikin sausnya dari sirup rasa mangga yg di didihkan sama larutan maizena...
Hmmm... manis asem segerrr ^^,

puding :

- 1 bks agar2 warna putih
- 800 ml susu segar (bisa diganti santan)
- 100 gram gula pasir
- 8 biji buah nangka, iris kotak2 kecil
- 2 putih telur, kocok sampe kaku (busa)

- campurkan semua bahan puding, kecuali kocokan putih telur.
- masak dgn api sedang sambil diaduk pelan hingga mendidih
- masukkan adonan puding ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk dgn kecepatan rendah hingga tercampur rata.
- campurkan irisan nangka ke dlm adonan puding.
- masukkan ke dalam cetakan trus dinginkan

pangsit udang





dari dulu pgn coba bikin cemilan yg satu ini..akhirnya jadi juga deh, bikinnya gampang bgt karena pake kulit pangsit siap pake aja, so..tinggal bikin adonan

isinya,,,
lets try !!

Bahan:
-20 lbr kulit pangsit siap pakai
-250 gr udang, haluskan
-250 gr daging ayam filet, haluskan
-100 gr tepung aci
-2 siung bwg putih, haluskan
- 1 sdm tepung terigu
- 1 telur
- daun bawang+seledri, iris halus
-garam,merica,gula pasir,kaldu bubuk

caranya;
-campur semua bahan kecuali kulit pangsit, aduk sampai rata
-ambil selembar kulit pangsit, letakkan 1 sdm adonan lalu tekuk ke 4 ujungnya ke arah tengah.
-goreng dlm minyak banyak pake api kecil hingga kuning kecoklatan.
-sajikan sama saos sambel botolan or mayonaise



Jasuke (jagung susu keju)



cemilan yg dulu populer di mall ini emang enaaakk..., paduan jagung manis yg renyah sama keju yg gurih plus susu yg legit...hehehe...

punya jagung hasil berburu di pasar tempo hari, mau direbus gitu aja ga seru, dibikin perkedel jagung..maless :)
inget2 pnya resep bikin cemilan mall ini dari temen, horeee...anak2 suka dan sekejap saja ludesss..^^
resepnya udh aq modifikasi sesuai bahan yg ada aja...
silahkan...

bahannya :

- 250 gram jagung manis pipil
- 4 sdm susu kental manis
- 1 sdm margarine
- 50 gram keju cheddar parut ( aq pke QuickMelt)

caranya :

- kukus jagung selama kurang lebih 10 menit sampe matang, angkat sisihkan.
- siapkan wadah / cup plastik, masukkan jagung selagi hangat
- aduk bersama margarine sampai rata
- beri susu kental manis
- taburi keju parut
- sajikan hangat... SpongeBob aja suka tuh ^___^


es piscok



siang-siang gini enaknya ngemil yg dingin2 ya...punya sisa pisang kepok yg udah mateng bgt, trus di bikin es piscok ini.
inspirasi nya dari jajanan anakku di madrasahnya, sepintas mirip es krim padahal bukan...hehehe, cemilan ini dijamin sehat en bisa bikin anak2 jd banana lovers.

bikinnya juga gampang pisan, yang mau bikin yuk...

Bahan :

- 5 buah pisang kepok, potong jd 2 bagian
- 100 gr DCC
- 1 sdt mentega
- kacang mede yg ditumbuk kasar, rice crispy, meises warna warni untuk taburan.

caranya:

- kukus pisang hingga matang,sisihkan
- tim coklat bersama mentega hingga meleleh
- ambil 1 buah pisang, tusuk pake stik es krim, celupkan ke dalam coklat taburi dgn kacang mede, rice crispy atau meises warna warni.
- bekukan di freezer.

Rabu, 14 Desember 2011

yg bikin lupa diet..

makan siang kemaren bikin terong ungu yg digoreng trus pake toping sambel teri, dan sukses bikin lupa daratan alias nambah porsi makan hehehe....*lupa sama diet* makanya yg lg diet gak boleh sering2 bikin ini yaaa...hehehe

bahannya :
- 1/2 kg terung ungu
- 100 gram teri ( boleh apa aja, ini pake teri jengki)
- 3 siung bwg putih
- 2 siung bwg merah
- 5 buah cabe merah
- 1 buah tomat ukuran besar
- garam, gula, secukupnya
- daun kemangi utk taburan

caranya :
- goreng terung sampai matang *klo sukanya gak terlalu mateng jgn kelamaan gorengnya* sisihkan
- goreng teri sampai kering, sisihkan
- ulek kasar semua bumbu
- tumis hingga harum, tambahkan garam, gula dan air secukupnya, lalu masukkan teri yg udh di goreng.
- aduk hingga air menyusut dan matang.
- tata terung di atas piring lalu tambahkan sambel teri di atasnya dan taburi dgn daun kemangi segar.

menu putus asa *_*

_Ayam goreng adalah makanan kebangsaan anak2ku..hihihi, jd mengolahnya pun udah lihai bin ahli karena hampir tiap minggu pasti ada menu yg satu ini.
bisa juga disebut menu "putus asa" hehehe...disaat binun gak tau kudu masak apa akhirnya si ayam goreng inlah alternatif terakhir yg jd pilihan, jd taraf bosennya pun udah akut alias stadium IV tp gak pernah kapok2 tuh...xixixi

bumbunya biasa aja, cuma pas ngungkep dicampur sama kelapa parut.
ini bahannya :

- 1/2 kg ayam, cuci sampe bersih
- 3 siung bwg merah
- 3 siung bwg putih
- 1 ruas kunyit
-1 ruas jahe
- 1 ruas lengkuas
- 250 gram kelapa parut
- daun salam, sereh, garam, bubuk kaldu dan air secukupnya
caranya :
semua bumbu tsb dihaluskan kecuali kelapa parut, daun salam dan sereh,kemudian ditumis sampe harum, trus masukkan ayam dan parutan kelapa, tambahkan air trus ungkep sampai air menyusut.
setelah itu goreng ayam sampai matang lalu kelapanya di goreng terpisah biar gak gosong.
sajikan ayam dgn taburan serundeng kelapa dan lalapan plus sambel terasi... 

Tahu saos Tiram

punya tahu kiriman dari mama mertua, se-tupperware penuh :)
udah bosen digoreng, di pepes, akhirnya di masak yg cepet aja untuk menu maksi...simpel en sedap ^^ mamamnya sama cah kangkung en kurupuk kampung...hmmm sepiring gak cukup deh, xixixi..

let's try !!

bahan :

- 5 buah tahu kuning, belah segitiga
- 2 butir bwg merah, iris
- 2 butir bwg putih, iris
- 1 buah cabe merah, iris serong
- 1 buah tomat, potong2
- 1 ruas jahe, iris
- 10 buah cabe rawit utuh
- irisan daun bawang, utk taburan
- 1 sdm saos tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdm kecap ikan
- 1/2 sdt kecap asin
- garam, merica, gula pasir

cara :

-goreng tahu hingga matang, sisihkan
-tumis bumbu iris sampe harum, masukkan bumbu2,
dan cabe rawit
-tambahkan air sedikit, masukkan tahu.
- masukkan larutan maizena, adk hingga mengental
-angkat, taburi irisan daun bawang

Minggu, 16 Oktober 2011

Nasi uduk buat caca


sebenernya bikin nasi uduk ini janji wkt ultah nya aa Fasya ...tp baru sempet skrg nih, i'm so sorry ya dear...
makanya td pagi niat bikin nasi uduk buat maksi, sederhana aja.. cuma sama sambal goreng kentang, orek tempe, semur ayam, sambal kacang dan timun, *nasi uduknya blm mateng, jd gak ikut di photo ^_^
Alhamdulillah... dinikmati sama anak2, suami blm ikut nyicip nih coz lg puasa..

Sabtu, 24 September 2011

Pizza again...

setelah dipanggang

sebelum dipanggang


makan pizza emang gak pernah bosen, tp bikinnya yg kadang2 males :)
tapi tadi lagi semangat bikin karena gak punya cemilan utk anak2, topingnya masih standar aja nih...
suatu saat pgn coba yg pake toping ayam nanas ahh...
So...here's my second pizza !!

Senin, 05 September 2011

dari ramadhan hingga syawal...

Ramadhan selalu dinanti...ramadhan selalu dirindukan...
banyak cerita yg selalu penuh kebahagiaan, mulai dari acara buka puasa bersama hingga sibuknya menjelang lebaran.
ini hanya sebagian kecil moment yg bisa kubagi...


Tiap mau lebaran pasti dpt jatah kiriman kue2 dari tetehku, Alhamdulillah...berarti saya gak usah repot2 bikin or pesen ya, hehehe...dan ini kue kiriman dari tetehku.... nastar nya teteup gak berubah dari dulu, enaakkk... kastengelnya apalagi wuihhh ngejuuuu bangeedd...!!!
klo yg item2 itu rendang kering... tengkyu ya sist...


sama kakang-ku... waktu ngajak anak2 buka puasa di Es Teler 77, sengaja pilih tempat ini coz pengen banget buka puasa minum es teler nya yg dahsyaaattt ini... pokoknya juara deh !!

emak en bapak yg narsis...hihihi, dimana2 pengen diphoto..heuheu, kalo anak2 sih paling gak suka liat kamera. Entah kenapa ortunya sadar kamera bangetss ya, xixixi...


apa pun minuman nya.... makan nya pasti Nasgor, *_*
~motto my hubby~

ini suasana persis di dpn gang yg menuju rumahku....mau nyebrang aja syusyaaahhh...semua bis yg menuju jalur pantura di alihkan ke dawuan, tiap tahun selalu begini.. tapi lumayan sih jadi rameee :)

si jago makan niihhh.... heran deh kayaknya gak pernah kenyang ieu budak teh, turunan siapa yaaa...wkwkwk

ohh... cheesy bite emang top !! apapun toping pizza nya, yg penting pinggirannya iniiiii....



Selasa, 07 Juni 2011

Bolu Gulung Pandan



coba bikin bolgul pake Happy Call....
ternyata sukses biarpun jd mirip huruf "e" hehehhe...
resepnya nurutan c ibu yg wktu demo baking tea nih

Bahan A:

2 btr telur ayam
50 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier

Bahan B:

50 gr tepung terigu protein sedang

Bahan C:

50 ml santan
1 sdt pandan pasta

Bahan D:
3 sdm selai nanas

Cara membuat:

Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B, aduk rata, tuangi bahan C aduk hingga rata.
Tuang adonan ke dalam happy call ratakan. panggang selama 20 menit atau hingga matang.
Balikkan diatas kertas roti, poles rata dengan bahan D.
Gulung segera dan padatkan.

Tumis paria teri



salah satu masakan favoritku, karena suami dan anak2 gak suka sama masakan ini. Makanya kalo bikin ini gak pernah banyak2, coz yg makan juga cuma saya sendiri. Biasanya paria ini dimasak dlm 2 versi, versi oseng2 atau versi bersantan, dua2nya sama enaknya...apalagi ditambah teri sama pete, wuiiihhh....bikin pengen nambah aja deh ^_^

Yang ini versi bersantan, bumbunya pun dihaluskan biar sedap. Kalo yg oseng kan cuma pake bumbu iris aja.
Kadang sebagian orang gak suka sama rasa pahit dari si paria ini, tapi saya punya cara untuk mengurangi rasa pahitnya, yaitu dgn cara meremas2 paria yg udah di iris tipis dgn campuran sedikit garam.
Tapi saya suka kalo masih ada rasa pahitnya dikit, menambah sensasi makan paria ...karena kalo gak pahit bukan paria atuh namanya, hehehe... okeyy yg mau nyoba silahkan ini resepnya :

BAHAN :

- 4 buah paria ukuran sedang
- 1 papan pete, di pipil trus belah 2
- 50 gr teri jengki kecil, goreng sisihkan
- 3 siung bwg merah
- 2 siung bwg putih
- 2 buah cabe merah
- terasi dikit aja ( sesuai selera, ga pake juga gpp)
- garam
- bubuk kaldu
- gula pasir
- santan kara yg uk. kecil dicampur sama 150 ml air

CARA MEMBUAT :

- belah paria memanjang, iris tipis lalu campur garam sedikit
- remas2 paria hingga layu dan keluar air lalu cuci bersih, tiriskan
- haluskan bwg merah,putih,cabe merah dan terasi lalu tumis hingga harum
- masukkan paria, aduk lalu tambahkan santan dan bumbu lainnya.
- masukkan teri dan pete, aduk hingga matang.
- sajikan dgn nasi hangat

Sabtu, 14 Mei 2011

kue putri cantik



kue putri cantik ini kalo kata orang sunda disebutnya kue putri no-ong *putri ngintip*
mungkin karena bentuknya yg seperti mata yaa... yg pasti rasanya enak dan bikin kenyang, utk teman minum teh di sore hari.
campuran singkong parut sama pisang nangka yg digulung pake daun pisang trus dikukus....cemilan tradisional yg nyaris punah...

Rabu, 13 April 2011

tahu bodo khas warung talaga



Alhamdulillah...dapet tahu juga, hehe..tp anak2 gak mau klo dibikin tahu isi, pgn yg cepet aja ktnya...gak kuat udh laperrr ^^,
akhirnya semua setuju *cieee..* klo si tahu mau dibikin jd menu favorit mereka klo pas ke warung talaga di ciwalk, trus emang nama menunya
"Tahu Bodo" hehehe, ...bumbunya gampang bgt, coz anak2ku doyan pedes jd gak masalah asal jgn kebanyakan aja rawitnya, ngintip cara buatnya yuukk...

bahannya :

- 5 buah tahu kuning, goreng setengah matang.
- 1 siung bwg putih
- 4 buah cabe rawit ( klo di tempat aslinya pke rawit merah )
- garam secukupnya
- bawang goreng secukupnya ( di tempat aslinya gak pake, ini mah aq tambahin aja ya)

caranya :
- haluskan bwg putih, cabe rawit dan garam di cobek kayu.
- potong tahu bentuk dadu lalu masukkan ke dlm bumbu
- aduk hingga bumbu merata, taburi bwg goreng, sajikan panas2....( klo di warung talaga minumnya sama air kendi hmmm...cool pisan euyyy ^^)

Senin, 11 April 2011

roll sandwich




cemilan yg dibuat klo pas ada sisa roti tawar ini lumayan bikin kenyang...abis bhn utamanya aja udh roti trus isinya ada sosis, smokeed beef,keju,mayonaise..huaaa...buat sarapan cocok tuh ^^

bahannya :
- 6 roti tawar kupas (yg tanpa pinggiran)
- 4 buah sosis sapi/ayam
- 2 lbr smooked beef
- 3 sdm mayonaise
- 1 telor di kocok lepas
- keju quick melt, parut secukupnya
- tepung roti, secukupnya
- margarine utk menggoreng secukupnya
pelengkap :
- saos sambal botolan

caranya :
- giling roti tawar sampe tipis,
- olesi dgn mayonaise, taruh sosis atau smooked beef*sesuai selera
- taburi keju parut
- gulung sampai padat, rekatkan dgn telor yg udh dikocok
- potong jd 2 bagian
- celupkan ke dlm kocokan telor lalu gulingkan ke tepung roti
- goreng dgn api kecil hingga matang kecoklatan
- sajikan sama saos cabe botolan

Sabtu, 02 April 2011

~Ayam sambal ijo~




saya pernah disuguhin masakan ini, dan langsung jatuh cinta sama rasanya...hehehe, paduan ayam goreng sama sambal ijo yg pedess bikin makan jd lahap, trus coba bikin di rumah...hasilnya anak2 suka en bilang kayak masakan padang ^^

bahan :
- 1/2 ekor ayam, potong-potong
- 1/2 sdt garam
- 1 buah jeruk nipis utk melumuri ayamnya
- minyak goreng secukupnya
bumbunya :
- 4 buah bwg merah
- 150 gram cabe ijo
- 1 siung bwg putih
- 1 tomat ijo potong2 (klo ga ada pke yg merah aja)
- 1 batang serai potong-potong
- 2 lbr daun jeruk
- 1/2 sdt garam, gula pasir (sesuai selera)

caranya:
- lumuri ayam dgn garam dan air jeruk nipis, diamkan 1/2 jam
- tumbuk kasar bwg merah,putih dan cabe ijo, sisihkan
- goreng ayam hingga matang berwarna kecoklatan
- tumis semua bumbu hingga harum, masukkan ayam goreng, aduk hingga rata.
- sajikan sama nasi panas ^^

Jumat, 18 Maret 2011

pisang panggang saus vla



ini cemilan after rain yg laris manis...tp sayang gambarnya kurang bagosss, photo managernya lg error nih :(
yg namanya pisang mah di apa2in juga enaaakkkk....apalagi makannya pas dingin2 abis ujan tambah wuenaakkk !!

memanfaatkan bahan yg seadanya aja, di campur2, ngarang sendiri...hehehe, yg penting anak2 suka en abisss aja deh, beressss... ^^

bahan :
- 5 buah pisang raja (kepok juga boleh) belah memanjang jd 2 bagian.
- 1 buah gula merah di sisir halus
- 1 sdm margarine

vla :
- 200ml susu cair
- 1sdm tepung maizena
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 lbr daun pandan
- 2 sdm keju parut

pelengkap :
- keju cheddar parut
- meises coklat


caranya :
- siapkan teflon yg udh diolesi margarine, panaskan.
- panggang pisang sambil di taburi gula merah halus sampe kedua sisinya matang en berwrna kecoklatan.sisihkan.
- campur semua bahan vla, masak di atas api kecil, aduk hingga kental dan matang.
- taruh pisang di atas piring, siram dgn vla dan taburi keju parut dan meisis.

*note : klo musim panas, vla nya bisa diganti ice cream vanila...it's so cool !!!

Senin, 07 Maret 2011

~My first PiZZa~




inilah penampakan my first pizza...blm cantik ya??
msh bnyk kekurangannya, tapi kalo rasanya bolehlah...klo utk pemula mah lumayan daripada lumanyun xixixi...
topingnya juga pake yg basic aja "its original" banget deh !
cuma sosis, bwg bombay sama keju quict melt, abis blm berani kasi toping rame2 takut gagal..hehehe

jadinya hari minggu kemaren cocok banget ngemil pizza sama capuccino di saat hujan...hmmmm, let's try !!

bahan:
- 15 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
- 1 butir telur
- 1 sdt ragi instant
- 1 sdm gula pasir
- 3 sdm minyak sayur
- air secukupnya
- 2 buah sosis, potong2
- 100 gr keju quick melt
- 1 bwg bombay, iris bulat utk toping.

*aduk semua bahan hingga rata dan kalis, diamkan 1 jam pd suhu ruangan, tutup pake serbet lembab.setelah 1 jam adonan mengembang, kempiskan dan gilas lg kemudian ratakan di atas loyang.

saus :
- 2 bwg putih, cincang halus
- 1 bwg bombay iris
- 5 sdm saos tomat
- 1 sdt oregano
- garam, merica, gula pasir

*tumis bwg putih dan bombay hingga harum, masukkan saos tomat, oregano dan bumbu.
*oleskan di atas adonan hingga rata, taburi sosis, bwg bombay dan keju quick melt.
*panggang dlm oven dgn api kecil.


Minggu, 06 Maret 2011

~dadar gulung isi vla coklat~


snack ini merupakan jajanan favorit saya kalo pas beli kue di sebuah bakery, rasanya gurih manis, lembut en nyoklat. pengen nyoba bikin sendiri, meskipun hasilnya jauh sama yg di bakery itu tapi cukup puas juga karena anak2ku sukaaaa...^_^
dulu tau nya dadar gulung itu isinya cuma enten/unti kelapa, skrg ada yg isi vla susu...hmm yummmeeee sekaliii !!

bahan dadar :
-125 gr tepung terigu
- 1 telur
- 200 ml susu cair
-1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
-1 sdm coklat bubuk
-1 sdm susu milo (aq yg tambahin)

vla:
- 250 ml susu cair
- 100 gr gula pasir
- 1/4sdt vanili
- 1 kuning telur (aq gak pake)
-1 sdm maizena

buat dadar :
aduk semua bahan hingga halus
panaskan wajan datar, semir sama mentega dikit.
tuang 1 sndk adonan, buat dadar tipis.
sisihkan

buat vla :
rebus susu, gula, vanoli, hingga mendidih.
ambil 2 sdm adonan, larutkan bersama maizena, tuang kembali ke adonan vla. aduk sampai kental, matikan api.

isi tiap dadar dgn vla, gulung, sajikan.

Jumat, 04 Maret 2011

~Tumis Asin Tenggiri~



hari ini pengen maksi sama ikan asin, kalo yg digoreng bosen...pengen coba ditumis biar seger.
ikan asin nya jatuh pd ikan asin tenggiri, biasanya pake ikan asin sepat atau jambal, tp yg ada cuma si tenggiri ini ya sudahlah...^-^

rasanya pedes, karena saya tambahkan rawit merah yg di iris2. Yang gak ketinggalan tentu saja pete... kalo bikin tumis asin kurang sedap kalo tanpa si pete ini.

akhirnyaaa... maksi hari ini terasa nikmat, sepiring nasi hangat dan tumis asin ini bikin saya lahaaappp, Alhamdulillah...

lunch box



bekel nasi ke sekolah pgn kayak paket hemat di hokben ^_*
pilihan jatuh sama chicken teriyaki...plus salad simpel ala hokben.
alhamdulillah...ludes tak bersisa !! hehehe...

cheese stick




maap.. cheese stick nya gak karuan bentuknya, abis bikinnya pake cara jadul bgt nih... modal piso sama talenan ditambah ngantuk jadilah stick yg gepeng2 ini T_T
tp klo rasanya beneran kayak cheese stick hehehe...
asin,renyah en ngejuuu bgt !!
so..dont judge a cheese stick by the form *halaahhh...gaya ^^*

resepnya:
- 250gr terigu
- 125 gr tepung sagu
- 2 telor
- 100 ml air anget kuku ( ini pake santan)
- 75 gr mentega ( klo mau renyah tambahin)
- 100gr keju parut

caranya:
-campur semua bahan, aduk sampai kalis.
- giling tipis sesuai selera, cetak.
- goreng dlm minyak banyak pake api sedang hingga kuning kecoklatan.

Selasa, 01 Maret 2011

bubur pangsit




tadi pagi bikin nasi terlalu lembekk..:( daripada gak kemakan mending di bikin bubur aja, tp gak punya ayam nya...akhirnya pake telor rebus sama pangsit goreng aja...*biasaa...pake yg ada aja hehehe..*
Alhamdulillah serasa sarapan di bandung...hehehe abis buburnya dibuat ala bubur bdg coz disini mah buburnya gak ada rasanya en pake kuah kuning jd jelas beda sama bubur ayam bdg ^.^ huahhh...sambelnya pedesss !!
~happy breakfast~

Senin, 28 Februari 2011

~tape panggang saus kinca~



karena musim ujan suka pgn ngemil yg anget2...kebetulan punya tape nganggur di kulkas yg rasanya manizz bgt en warnanya kuning menggoda ^^, hehehe...tape deehhh
jadilah tape nya di panggang trus bikin saus nya...makannya di temenin teh panas,,,hmmmm yummy pisan !!
bikin yuuuk....

bahannya :

-500 gr tape singkong
-100 gr gula merah
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt vanili
-1 sdt tepung maizena, larutkan
-daun pandan
-1 gelas air
-margarine secukupnya
-keju cheddar parut

Caranya:

-haluskan tape, buang seratnya.
-bentuk bulat-bulat
-panakan wajan datar, olesi mentega.
-panggang tape hingga kuning kecoklatan, sisihkan.

saus :
-rebus gula merah tambahkan garam, vanili,daun pandan dan larutan maizena, aduk hingga mendidih.

-siramkan di atas tape panggang, taburi keju parut.
Ada kesalahan di dalam gadget ini