Pages

Senin, 16 April 2012

Butterfly Cake

<


ini juga masih dlm rangka ngabisin stok kulit pastry instan..., resep en caraya masih dari dapur teh vivi
cuma ini rasanya manis coz pake tambahan gula pasir.
Jadi inget salah satu kue yg mirip banget sama ini, namanya "GENJI PIE" yg bnyk dijual di toko2
rasanya manis2 kriuk ^_^

Jumat, 13 April 2012

Cheese Puff Pastry


berhubung di rumah lagi gak puya cemilan, en kebetulan masih punya sisa kulit pastry di freezer...
jadinya bikin snack ini, resep dan caranya dpt intip di dapur teh vivi nowotny :)
*makasih ya teh...*

caranya gampang banget, tinggal potong2 kulit pastry nya, trus tata di atas loyang yg udah di alasi kertas roti, kemudian taburi keju parut...trus panggang hingga matang deh..
syedaaapppp...!!!


Gurame saos asam manis



Menu makan malam kemarin, alhamdulillah kali ini sukses bikin saosnya...
gara2 liat postingan hanie di bbm yg masak ikan pake saos asam manis, jd ngiler nih pgn buat juga..lagian udah lama gak pernah masak ikan, abis anak2 doyannya ayaaaaammmm ajaaaa.. *keluh*

Masaknya sore2 sambil nunggu papa pulang kerja, jd bisa dinikmati bareng2 :)
menu tambahannya aq masak kwetiau goreng aja.. plus tahu goreng, mantaaapp !!





-1 ekor ikan gurame, fillet bagian dagingnya, potong kotak2 kecil
-1 siung bawang putih, haluskan
-1 sendok teh garam
-1 buah jeruk nipis, ambil airnya
-3 sendok makan tepung maizena

Saus:
-2 siung bawang putih, memarkan
-1 buah bawang bombay, potong tipis bulat
-1 batang daun bawang, potong tipis serong
-1 buah cabai merah, potong tipis serong
-2 cm jahe
-1 buah wortel, iris bentuk korek api
-5 sendok makan saus tomat
-2 sendok teh tepung maizena
-150 cc air
-1 sendok teh garam
-1 sendok teh gula pasir
-1/2 sendok teh merica bubuk
-1/2 sendok teh cuka
-2 sendok makan minyak

Cara membuat

Ikan: campur bawang putih, garam, dan air jeruk nipis, aduk hingga rata, lalu lumurkan pada ikan gurame hingga rata, diamkan sekitar 10 menit, tiriskan.

lumuri ikan dengan tepung maizena hingga rata, lalu goreng dalam minyak panas dan banyak hingga matang dan kering, angkat, sisihkan.

Saus:

-panaskan minyak, lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga kuning.

-Masukkan daun bawang, cabai merah, jahe, wortel, saus tomat, garam, gula, merica bubuk, dan cuka, aduk rata.

-Masukkan tepung maizena yang telah dicampur dengan air, aduk rata, masak hingga matang dan kuah mengental, angkat.

-Siramkan saus ke atas ikan yang tadi telah digoreng sesaat sebelum dihidangkan.


Rabu, 11 April 2012

Nasi Goreng Teri




pagiiiiiiii...... pagi yg cerah ini disambut dgn setumpuk cucian yg manis, wkwkwk...
dan seperti biasa kalo abis jd laundry's woman bawaannya pasti laperrrr, hehehe..
ada nasi sisa kemaren sore yg lumayan bnyk, so di bikin nasgor aja, kebetulan masih punya stok teri medan jd kita bikin NASI GORENG TERI MEDAN yuuukss...

bahan :
- 2 piring nasi putih
- 2 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit
- iris semua bumbu diatas
- 50 gram teri medan, goreng kering,sisihkan
- kecap asin
- garam secukupnya

tumis bumbu iris hingga harum, masukkan nasi dan bumbu lainnya
lalu aduk hingga rata, masukkan teri yg udah digoreng.
aduk lagi hingga rata, angkat dan sajikan.

makannya sama kerupuk, enaaaakkk...pedas2 kriuk..kriukkk.. ^___^

Selasa, 10 April 2012

Zuppa Chicken Soup



Kemaren malem ceritanya mau bikin zuppa zuppa, tapi ternyata gak punya telor utk polesannya
akhirnya batal en diganti jd sosis bakar... Ehh skrg anak2 nagih pengen dibuatin zuppa nya, hadeuhhh..
padahal emaknya lagi gak enak body nih, tapi pada ribut aja pengen cpt2 dibikinin.

akhirnya terjun juga ke dapur, dibantu anak2... pake yg serba instan aja ini mah, sup krim instan sama
kulit pastry instan juga, hehehe...maklum belum bisa bikin kulit pastry nih
setelah hampir 45 menit, selesai deh... jadinya 4 mug, pas utk papap, mamah sama aa en adek ^_^

Jadi malam ini kita dinner pake Zuppa zuppa aja yaaaa... sluuurrrpppp !!

Martabak Bolu Pandan



bikinnya udah lama, tapi baru sempet di posting nih :)

Sosis bakar saos teriyaki




tadi malam anak2 ribut minta cemilan, pengennya sih bikin zupa zupa, tp berhubung lg gak punya persediaan telur utk polesannya, en diluar lagi hujan gede ya akhirnya gak jadi deh..
tapi sebagai gantinya mereka minta dibuatin sosis bakar, okeeeyyy deeehhh...

bikinnya gak pake lama, tinggal campur2 saosnya trus lumurin ke sosis trus bakar hingga matang
pas mau disajikan tinggal diberi toping saos mayonaise..

bahan campuran saos :

- saos teriyaki
- saos tomat
- saos sambal
- kecap asin
- kecap manis

takarannya suka2 aja ya, maklum ini mah dadakan ^_*

-campur semua bahan saos, trus oleskan pada sosis yg udah di kerat2
-bakar hingga matang sambil dibolak balik.

Senin, 09 April 2012

Lontong Opor




Punya ayam kampung yg msh muda, dan udah niat banget pgn dibikin opor.
kebetulan juga punya persediaan kentang en cabe ijo, yg bisa di cocokin sama opor.
tinggal beli lontongnya di mang ketoprak langgananku deh...sippp !!!

Jadinya makan siang hari ini serasa suasana lebaran deh, menu nya lontong, opor ayam, sambal goreng kentang pake pete plus ase cabe ijo. karena menu ini merupakan menu wajib pas idul fitri tiba, tapi sayang...kali ini tanpa asinan/acar timun wortel sama emping nya nih :( abis lg gak punya persediaan bahannya.. ini pun hanya memanfaatkan bahan2 yg ada di kulkas aja.

untuk resep opor, udah pernah saya posting sblmnya.
jadi gak bakalan saya ketik lagi ya ^_^


~ Sambal goreng kentang pete ~

1/2 kg kentang, potong dadu, goreng hingga kuning kecoklatan
2 papan pete, kupas
2 bh bawang putih, haluskan
4 bh bawang merah, aluskan
4 bh cabe merah besar, buang biji, iris halus
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 btg serai
1 sdt garam
100 ml santan

Cara Membuat :
*.Tumis bumnu halus hingga wangi. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk rata.
*.Masukkan pete, tuangi santan biarkan mendidih.
*.Masukkan kentang, aduk rata, hingga matang dan bumbu meresap.


~ Ase Cabe Ijo ~

200 gram cabe ijo, potong bulat2
5 butir bawang merah,haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
½ sdt merica
3 butir kemiri, haluskan
200 ml air
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :

*tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan air, biarkan mendidih.
*masukkan cabai hijau dan bumbu lainnya.
*aduk2 hingga bumbu meresap, lalu angkat dan sajikan.


Jumat, 06 April 2012

Pepes teri Medan



dapet kiriman teri medan dari my friend yg baru pindahan ke medan nih, makasiiiih ya haniiiiieeeee...*peluk*
ide menu pertama yg muncul pgn bikin pepes aja ah, udah lama gak bikin pepes nih...kebetulan hari ini anak2 pd libur jd udah kebayang pasti pd kangen sama pepes buatan emaknya, hihihi...

akhirnya nguprek dari pagi bikin pepes teri medan, sebagai menu tambahannya aku bikin sayur asem, tahu goreng sama lalap sambel... dan pas anak2 sama papapnya pulang jumatan langsung nyerbu menu maksi yg seger2 ini deh :)
makasih ya hanie, Alhamdullillah Jazakallah... kirimannya bisa dinikmati sama kita semua.



Bahan :

250 gr teri medan
3 buah cabe merah, iris tipis
3 buah cabai hijau iris tipis
2 batang bawang daun, iris
2 lembar daun salam
1 batang serai
1 buah tomat
10 buah cabai rawit utuh
daun kemangi secukupnya
Garam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus
lidi untuk menyemat

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat:

Campur semua bahan, aduk rata
Bungkus 2 sdm adonan dengan daun, tambahkan 2 buah cabe rawit di atasnya, bungkus sedemikian rupa sehingga rapat, semat dengan lidi
Kukus 20 menit
Angkat, tiriskan

Selasa, 28 Februari 2012

teri sambal lado ijo




dari kemaren2 udah ngiler pengen bikin menu yg satu ini... baru kesampean hari ini...
rasanya emang seger dan pedesnya mantap... untuk temen nasi disaat makan siang sangat cocoklah, menu khas padang ini emang favorit saya..

untuk campurannya gak harus selalu pake teri, pake ayam juga nikmat, atau terong... pokoknya bisa bikin nambah terussss...

BAHANNYA :

-100 gram teri jengki ukuran sedang, goreng hingga matang
-terong ungu 2 buah, potong dadu, goreng.
-cabai besar hijau 10 buah
-i papan pete, kupas
-cabai rawit merah 4 buah
-tomat hijau ukuran sedang 1 buah
-bawang merah 6 butir
-minyak goreng 2 sendok makan
-garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :

-Kukus cabai hijau, cabai rawit, tomat dan bawang merah selama 5 menit. Angkat.
-Tumbuk kasar.
-Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk hingga layu. masukkan terong, pete dan teri Tambahkan garam dan gula, aduk rata.
-Angkat dan sajikan.

Kamis, 09 Februari 2012

udang tempura


Sup Pangsit Ayam



bikin sup pangsit ayam disaat cuaca dingin pasti pas...cocok...mantaapp ^_^
tapi sayang...anak2 gak suka kulit pangsitnya, katanya rasanya gak enak...maklum aku belinya yg udah jadi di pasar, mungkin tidak fresh yaa...jadi ada rasa agak2 asem gitu. huuu... maafin emak deh

so..anak2 cuma makan isinya aja, gak apa2 deh yg penting bisa dinikmati ya, lain kali kalo mau beli kulit pangsit mesti di cek dulu deh..biar tau fresh apa engga.

Bahan pangsit :

-Kulit Pangsit 20 lembar
-Fillet ayam 300 gram, cincang
-Telur ayam 1 butir
-Royco ayam 1 bungkus
-2 buah wortel, iris halus
-Merica bubuk 1/4 sendok teh

Bahan kuah :

-Air 1 liter
-Royco ayam, 1 bungkus
-Daun bawang 2 batang, potong kasar
-Seledri 1 batang, potong kasar
-Jahe 2 cm, iris halus
-Merica bubuk, 1/4 sendok teh
-Garam, 1/2 sendok teh
-Bawang putih, 3 siung, cincang kasar
-Minyak goreng, 3 sendok makan
-Minyak wijen, 1 sendok teh
-Kecap asin 1 sendok teh

Cara memasak :

-Pangsit : Campur ayam yang telah dihaluskan, royco ayam,merica, wortel dan telur ayam. Aduk hingga tercampur rata. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan lalu lipat seperti pangsit. Kukus selama 10 menit, angkat.

-Kuah : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tuangkan air, garam, royco ayam, dan semua bahan lainnya kecuali minyak wijen. Aduk rata, didihkan.
-Masukkan pangsit ayam, aduk rata, masak hingga bumbu meresap.
-Tuangkan minyak wijen, aduk rata, angkat.
-Tuang sup ke mangkuk.
-Sajikan hangat

Kamis, 02 Februari 2012

Panada Isi Kornet

Dulu suka beli panada di pasar, tapi sejak ibu penjual langgananku itu pindah ke Bogor jadi gak bisa menikmati lagi jajanan2 nya yg enak2...salah satunya panada.
iseng2 liat di buku ada resepnya, trus coba bikin tapi isinya aq ganti dgn kornet karena ikan tongkolnya gak ada.

tapi msh blm puas karena blm sesuai dgn yg diharapkan, apalagi blm coba pake ikan tongkol sesuai aslinya.
tapi lumayan lah utk cemilan sore2, pas anak2 pulang ngaji disuguhin panada ini langsung senang tuh...Alhamdulillah



Resep dari : buku aneka jajan pasar populer
penerbit tim dapur media
modifikasi : Dewi

bahan kulit :

- 500 gram tepung terigu
- 1/2 bgks ragi instan
- 1 sdt garam
- 2 sdt gula pasir
- 1 telur, dikocok
- 1/2 sdm margarin
- 300ml santan, dihangatkan sebentar
- minyak utk menggoreng



bahan isi :

- 200 gram ikan tongkol (saya ganti dgn kornet)
- 1/2 sdt garam
- 2 lmbr daun jeruk
- 1 buah wortel, serut halus
- 200 ml santan

bumbu halus :
- 3 buah cabe merah
-4 siung bwg merah
- 2 siung bawang putih

cara membuat :

kulit : campur tepung terigu, ragi,garam,gula, telur dan margarin, uleni hingga kalis sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. biarkan selama 30 menit.

tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum, masukkan kornet,wortel, aduk rata.
tambahkan santan, garam dan gula. aduk hingga kering. angkat, dinginkan.

timbang adonan kulit seberat 40 gram, bentuk bulat, pipihkan.
beri 1 sendok makan adonan isi, lipat setengah lingkaran, pilin pinggirnya sampai rapat.
goreng hingga matang dgn api sedang.


(

Selasa, 31 Januari 2012

Pisang Goreng




siapa yg gak suka pisang goreng? hehehe... cemilan paling gampang dibuat, apalagi pisangnya pake pisang tanduk yg kuning, hmmmm... sedap
kemarin bikin ini buat tajil ayah mertua, karena ini cemilan favorit beliau kalo mau buka puasa mesti bikin ini utk tajil.



Donat Mini Express

donat ini di bikin pas hari minggu kemaren, pas ada pertandingan bola persib sama persija. Anak2 pgn dibikinin cemilan buat nonton bola katanya...ditambah wkt itu lagi hujan, jadi pas banget deh... hujan2 ngemil donat imut2 ini *di photo keliatan gede ya pdhl mini loh *_^

resepnya aq copas dari temen di fb, sumbernya dari sajian sedap sih...
bikinnya gampang coz gak pake proses proofing, alias tanpa ragi.


makanya ini donat ekspres yang bisa dibuat kalo pas pgn cemilan tapi gak pake lama...hehehe...


resep (Rini.V. Supriyadi)

bahan :

250 gramterigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
1 butir telur
65 ml susu cair
2 sendok makan margarin, lelehkan
minyak untuk menggoreng
50 gram gula pasir halus untuk pelapis

Cara Pengolahan :

1. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam. Tambahkan gula pasir. Aduk rata.
2. Masukkan telur dan susu cair sambil diuleni sampai rata dan kalis. Tambahkan margarin leleh. Uleni sampai elastis.
3. Timbang masing-masing 20 gram. Bulatkan. Lubangi tengahnya.
4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
5. Gulingkan di atas gula pasir halus sampai terbalut rata. Sajikan.

Minggu, 29 Januari 2012

Chihcken Steak with Mushroom Sauce





Hari ini anak2 request minta di bikinin chicken steak, padahal sebelumnya blm pernah buat nih... ya udah nanya sama om google aja deh ^_^
akhirnya nemu resep yg gampang en simpel, tapi di modifikasi lagi biar sesuai sama bahan yg ada dan juga selera kami.

Pas jam makan siang akhirnya selesai juga bikin chicken steak nya, di makan rame2 sama anak2 meskipun kudu pake acara bujuk c bontot biar mau makan sayurannya :(
ternyata bikinnya gampang ya, padahal kalo makan di resto atau cafe harganya lumayan juga... jadiiii kalo udah tau cara bikinnya ya mending bikin aja, hehehe...

Alhamdulillah hari ini aku belajar lagi bahwa "jangan pernah takut mencoba"
tentu saja mencoba hal2 yg baru en positif, selama itu bermanfaat utk diri sendiri dan keluarga tentunya.

makasih ya anak2... kalo kalian engga request di bikinin chicken steak mungkin mama gak bakalan biaa2 selamanya. jadi nambah lagi nih koleksi resep mama... ^_*
Jadiiii.... ayo kita serbu lagi chicken steak nya mumpung masih ada..!!!


Sumber Resep : Griya Kuliner
Modifikasi : Dewi

Bahan :
6 buah fillet dada ayam
garam dan merica bubuk secukupnya
1 buah telur, kocok
100 gram tepung terigu

Bahan mushroom sauce:
500 ml air
1 sdm margarin
1/2 buah bawang bombai, cincang halus
1 buah bawang putih, cincang halus
1sdm saus teriyaki
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1 sdm tepung terigu
1 sdt kaldu ayam bubuk
5 buah jamur kancing ukuran besar, cincang

Bahan pelengkap:
1 buah wortel ukuran besar, potong dadu, rebus setengah matang, tiriskan
10 buah buncis, potong kecil2, rebus setengah matang, tiriskan
6 kuntum brokoli, rebus setengah matang, tiriskan
1 buah jagung manis ukuran sedang, pipil lalu rebus setengah matang, tiriskan
1 buah kentang ukuran besar, potong korek api, rendam dalam air garam, lalu goreng hingga matang.
1 sdt margarin
garam dan gula secukupnya
saus sambal secukupnya

Cara membuat:

1. Lumuri daging ayam dgn garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 15 menit.
2. celupkan ayam ke dalam kocokan telur lalu gulingkan di atas tepung hingga merata
3. Panaskan margarin, goreng ayam sambil dibolak-balik hingga matang dan kecoklatan. Angkat, sisihkan.
4. Saus: Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bwg putih hingga harum. Matikan api, masukkan tepung terigu yg sudah dilarutkan dgn sedikit air, aduk rata. Nyalakan api, tuang air, aduk rata. Tambahkan garam, merica bubuk, pala bubuk,saus teriyaki dan kaldu ayam bubuk. Masukkan jamur, masak hingga matang dan kental, angkat, sisihkan.
5. Pelengkap: Panaskan margarin, tumis wortel, jagung, brokoli dan buncis. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata. Angkat, sisihkan.
6. Penyajian: Tata daging ayam, tumisan wortel buncis dan jagung, brokoli dan kentang goreng di atas piring saji. Hidangkan bersama mushroom sauce dan saus sambal.

TIPS : ketika merebus sayuran tambahkan garam sedikit supaya warna sayurannya tetap bagus.


Sabtu, 28 Januari 2012

Soto Bandung


kangen mamahku...
lagi belanja di superindo tiba2 pengen bikin soto bandung, mamahku paling jago bikin soto bandung...soto buatannya enak, makanya aku mau bikin ahh..
setelah dpt bahan2nya en begitu nyampe rumah aq langsung tlp mamahku buat nanyain resepnya, ternyata eh ternyata gampang pisan euy... ^_^•

bahan :

-daging sapi (sandung lamur) 500 gram, rebus hingga lunak, potong dadu
-air kaldu sapi 1 liter
-lobak 1 buah, kupas, iris tipis, rebus dan tiriskan
-kedelai goreng 50 gram
-seledri 2 batang, iris tipis
-daun bawang 2 batang, iris tipis
-bawang merah goreng 4 sendok makan
-bawang putih goreng 3 sendok makan
-daun salam 2 lembar
-lengkuas 1 ruas jari, memarkan
-jahe 1 cm, memarkan
-merica bubuk 1/2 sendok teh
-garam secukupnya
-gula pasir 1 sendok teh

Cara Membuat :

-Rebus air kaldu dan daging hingga mendidih.
-Masukkan semua bumbu, rebus di atas api sedang hingga mendidih dan bumbu meresap.
-Tambahkan lobak, aduk rata.
-Tuang soto dalam mangkuk saji.
-Tambahkan kacang kedelai goreng, seledri, daun bawang dan bawang goreng.
-Sajikan dengan pelengkap sambal rawit, kecap dan jeruk nipis.


jadinya pas weekend ini kita makan siangnya pake soto bandung, hmmm...segerrr
hatur nuhun ya mamah...*jd tambah kangen*




Mini Fruit Pie








ceritanya punya cetakan pie udah lama nganggur di lemari, eh pas ngobrol2 sama saudara yg ngidam fruit pie en minta di bikinin, kebetulan ada postingan temen di FB yg kasi resep cara bikin fruit pie. Makanya langsung aja belanja bahannya ke pasar di anter kakang sambil hujan2an ^_^

Alhamdulillah komplit semuanya, seperti biasa bikinnya direcoki c bontot yg ngotot pgn terjun ikut ngaduk lah...ikut motong buah lah...hadoohhh...
tapi asyik juga sih, biar dia tau dikit2 tentang bahan2 di dapur ya...
pas dia pergi les bhs inggris, dia pesen klo dia pulang pie nya mesti udah jadi...waaahhhh....

kulit pie sebelum di masukkan ke oven


dan...jam 3 teng jadi juga nih, pas c bontot pulang pie nya udah siap di hap...hmmmm lezaaattt..dan saudara yg ngidam pun ikut senang karena cita2nya makan fruit pie udah terlaksana tuh ^__^

RESEP (sumber : Rumah Bolu )

Kulit Pie:

150 gr terigu
75 gr mentega
1 kuning telur

Vla:

400ml susu
2 kuning telur kocok
100 gr gula pasir
100gr terigu
25 gr maizena

Pelapis/glassing:
Agar agar putih secukupnya
Air untuk memasak agar

Bahan isi/buah segar:
Strawberry/melon/kiwi/anggurmerah
Peach/jerukmandarin/pepaya


Cara:

Kulit Pie: aduk semua bahan uleni, giling stebal ½cm letakkan pd cetakan pie yg dioles margarin. Panggang sd kuning kcoklatan.

Vla: masak susu & gula hingga larut & mendidih. Campur sdkt susu dgn maizena & terigu. Aduk rata. Masukan kuning telur. Aduk hingga kalis. Masukkan ke dlm campuran susu. Aduk hingga mendidih. Angkat.

Pie:
Ambil kulit pie matang. Isi dgn vla & irisan buah segar. Beri bahan pelapis diatas buah segar agar mengkilat & tidak goyang.



Balado tahu pete



menu praktis kesukaan kakang nih...gak ribet en gak pake lama !!

bahan :

5 buah tahu kuning, potong dadu
3 buah cabe merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat
1 papan pete, kupas.
garam da ngula secukupnya

caranya :

-goreng tahu hingga kuning kecoklatan
-haluskan semua bumbu, tumis hingga harum
-masukkan tahu, garam, gula dan air secukupnya
-masukkan pete
-aduk hingga kuah menyusut dan matang
-sajikan

Selasa, 24 Januari 2012

Banana Cake



Punya pisang ambon yg udah mateng banget, daripada kebuang mendingan dibikin cake aja ya… kebetulan waktu itu dpt snack box yg ada bolu pisangnya… ehh jd rebutan anak2 sampe c bontot nangis pengen minta lagi. Nah… sekarang puas2in deh ki makan bolu pisang nya….nih mommy kasi seloyang buat kalian ya ^_^





RESEP (sumber : www.resepkita.com )


bahan :

150 Gram Terigu
5 Sendok makan Susu Bubuk Krim
1/2 Sendok teh Baking Powder
150 Gram Gula Halus
150 Gram Margarin, cairkan
6 Butir Telur
1 Sendok makan TBM
2 Buah Pisang Ambon, haluskan
1 Buah Pisang Ambon, potong-potong

Caranya :


1. Siapkan cetakan kue bolu, oleskan margarin di bagian sebelah dalam, taburi terigu hingga merata.
2. Campurkan Terigu, Susu bubuk krim dan baking powder, aduk hingga tercampur merata.
3. Kocok telur dan gula sampai putih.
4. Masukkan TBM, kocok sampai mengembang.
5. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan, kocok rata.
6. Masukkan campuran terigu, kocok perlahan sampai tercampur rata.
7. Masukkan Margarin cair, aduk merata.
8. Tuangkan adonan ke dalam cetakan.
9. Panggang sebentar sampai 1/2 matang (kurang lebih 25 menit), keluarkan, dan taburi dengan potongan pisang.
10. Panggang kembali sampai matang (sampai permukaan berwarna cokelat kekuningan).

Senin, 23 Januari 2012

Brownies kukus ketan item







Hari libur imlek ini dinikmati di rumah aja, abis jatuhnya pas tanggal tua sih…hahaha, jd mau kemana-mana juga tetep aja judulnya “dompet tipis”
Tapi di rumah juga gak kalah asyik tuh, leyeh2 sepuasnya…abis itu mulai deh action jadi laundry’s woman… sweeping kamar2…tarik sprei, selimut, karpet buiat di cuci trus dijemur biar wangi, kebetulan imlek skrg cuacanya panas mambara nih …pyuuhh…

Beres jd laundry’s woman, turun ke dapur deh jd koki… masaknya yg praktis2 aja biar cepet, trus makan siang sama anak2, nikmaaaatttt……..
Menjelang sore baru kepikiran kalo di rumah gak punya cemilan nih, buka kulkas sambil lirik2 siapa tau ada bahan2 yg bisa di jadiin cemilan…akhirnya nemu sebungkus tepung ketan item yg wkt itu beli di bandung…
Yipiiieee… mau bikin brownies ketan item aja ahh…

Bikinnya dibantuin sama c bontot, dia bagian pegang mixer buat ngocok adonannya.
Sejam kemudian seloyang brownies kukus ketan item siap dinikmati bersama teh hangat…hmmmm...


Bahan:

5 butir telur
150 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla

2 sdm susu kental manis

200 gram tepung ketan hitam
20 gram coklat bubuk, diayak


100 gram DCC yg di potong2
200 ml minyak goreng

Coklat meises secukupnya untuk filling

Cara membuat:

1. Panaskan kukusan.

2. Lelehkan DCC. Masukkan minyak goreng. Aduk rata. Dinginkan.

3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan susu kental manis. Kocok rata.

4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan coklat bubuk sedikit demi sedikit bertahap sambil dikocok dgn mixer kecepatan rendah sampai merata.

5. Masukkan campuran DCC dan minyak goreng. Aduk balik dgn spatula hingga rata

6. Bagi 2 adonan. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yg telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus 10 menit dg api sedang.

7. Taburi coklat meises. Tuang kembali 1/2 bagian sisa adonan. Kukus kembali 20-25 menit hingga matang.

8. Angkat dan langsung keluarkan dari loyang. Biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.





Minggu, 22 Januari 2012

Ayam bakar



Kalo hari minggu biasanya suka pengen masak yg special nih, tp anak2 tetep aja requestnya ayam…*phewww…chicken_lovers* jadi apa boleh buat nih…
Beli ayam nya yg bagian paha semua, mau bikin ayam bakar aja…kalo digoreng bosen. So… akhirnya emak nguplek bikin ayam bakar plus sambal lalapan ini demi bocah-bocah penggila ayam itu…hahahaha…

Alhamdulillah… anak2 suka en gak protes kalo ayamnya gak di goreng garing seperti biasa, resepnya pake resep leluhur aja deh… alias resep jadul ala mamahku


1 kg ayam.
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ons gula merah
1 sendok makan asam diencerkan dengan setengah gelas air
3 sendok makan minyak goreng
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam. Setelah halus masukkan gula merah dan haluskan lagi.
2. Setelah halus masukkan air asam dan minyak goreng.
3. ungkep ayam dgn bumbu halus sampai empuk
4. Setelah itu bakar ayam tsb sambil dioleskan bumbu sisa rendaman tadi supaya bumbunya tambah meresap.
5. sajikan bersama sambal terasi dan lalapan.

Jumat, 20 Januari 2012

Empal Daging (gepuk)



bikin empal gepuk untuk stok persediaan sarapan, praktis... tinggal digoreng. Kalo anak2 lebih suka makannya sama nasi goreng. empal gepuk juga cocok untuk bekal piknik... praktis dan awet karena gak cepet basi.

bahannya :


-500 gr daging sapi bagian sengkel
-2 sdm asam jawa
-2 sdm gula jawa
-6 siung bawang merah, cincang
-2 sdt ketumbar, sangrai, tumbuk
-1 ruas laos, diparut
-garam secukupnya
-minyak goreng, untuk menggoreng
-1 sdm bawang goreng, untuk taburan

Cara Membuat :

-Rebus daging hingga matang, iris menjadi beberapa bagian, lalu memarkan
-Larutkan asam dan gula jawa dengan sedikit air rebusan daging, sisihkan
-Masukkan kembali dagingnya ke dalam air rebusan, lalu rebus kembali bersama
semua bahan hingga kuah mengental
-Angkat dagingnya, lalu goreng hingga matang.
-hidangkan dgn taburan bwg goreng serta sambal lalapan.




salad buah




Salah satu cara biar anak2 gak bosen makan buah2an ya dibuat salad buah2an aja.
Tadi siang kebetulan liat tukang rujak dorong yg lagi mangkal di pinggir jalan, buah2an nya masih komplit en segar2…akhirnya beli pepaya, semangka, nanas dan melon… mau dibuat salad untuk anak2 yg pulang sekolah nanti.

Kebetulan masih ada persediaan mayonnaise dan susu kental manis juga. Jadi tinggal dicampur2 aja deh… tapi bakalan tambah sedap kalo buah2an nya komplit, apalagi kalo ada strawberry, hmmm…, jadi ini saladnya Cuma sederhana aja ya..

Bahannya :

- pepaya
- semangka
- nanas
- melon
- mayonnaise
- susu kental manis

*untuk takaran silahkan disesuaikan dgn bahan yg ada atau sesuai selera aja*

Caranya :

- potong2 semua buah2an sesuai selera
- campurkan mayonnaise dan susu kental manis, aduk hingga merata
- taruh buah dlm mangkuk lalu siram dgn saus salad.

pindang tongkol bumbu kecap






Hari ini kembali turun ke dapur setelah beberapa hari gak masak, menu yg kupilih pindang tongkol yg dimasak dgn kuah kecap, masaknya cepet en praktis. Karena ntar siang harus anter kiki les renang jadi masaknya pengen yg praktis2 aja, kebetulan juga udah lama gak masak menu ini… resepnya saya dpt dari ibu mertua.

Pindang tongkol nya sengaja kupilih yg udah di iris2, kalo yg utuh kami sekeluarga kurang suka. Biasanya saya tambahkan pete juga…tapi sayang hari ini gak ada pete nya di tukang sayur, jadi serasa ada yg kurang nih.. :)

BAHAN ;

- 10 iris pindang ikan tongkol, goreng setengah matang.
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 buah cabe merah
- 2 buah cabe hijau
- 1 buah tomat
- 2 cm jahe
- 1 batang daun bawang
- 10 buah cabe rawit utuh
- 2 sdm kecap manis
- 50 ml santan siap pakai
- Garam dan gula pasir secukupnya

CARANYA :

- iris semua bumbu, lalu tumis hingga harum.
- Masukkan pindang lalu aduk bersama bumbu
- Tambahkan kecap manis, cabe rawit, garam, gula dan air secukupnya
- Masukkan santan, aduk hingga kuah menyusut.


Makan siang yuukk…

Kamis, 19 Januari 2012

Tumis sawi putih




Anakku yg bontot paling syusaaahhh kalo disuruh makan sayur, semua sayuran gak ada yg suka. Kadang kesel banget kalo harus maen bujuk terus tiap mau makan sayur.
Beberapa waktu lalu alerginya sering kambuh, ketika dibawa ke dokter ternyata salah satu cara mencegah alergi adalah dgn banyak makan sayur dan buah.

Alhamdulillah setelah dijelasin sama om dokter akhirnya si bontot sedikit2 mulai mau makan sayur, salah satu sayuran favoritnya adalah sawi putih.
Makanya saya sering bikin tumis sawi putih ini biar makannya jadi lahap.
Biasanya tumis sawi ini saya variasikan sesuai bahan yg ada, kali ini Cuma pake wortel aja. Selain itu bisa juga ditambahkan tahu, telor puyuh atau sosis.

Tumis sawi ini bumbunya minimalis banget, Cuma irisan bawang merah dan putih, garam dan gula pasir serta sedikit air.
Selain ditumis, bisa juga untuk campuran mie rebus atau untuk lalapan, yg sblmnya direbus dulu.

So….apa susahnya makan sayur sih kiiii, enak dan sehat loh.. !!



Kamis, 12 Januari 2012

Nasi Goreng Kampung




Good morniiiiiing...
sarapan pagi ini gak punya yg istimewa, mau beli nasi uduk bosen...ya udah berhubung sisa nasi yg semalem msh bnyk
akhirnya bikin nasgor. bumbunya juga minimalis banget..saya biasa nyebut nasgor kampung, abis gak pake macem2 kayak nasgor di kafe atau resto.

jadi... sebelum aktifitas yuk kita sarapan dulu !!

bahan :

- nasi putih
- bawang merah
- bawang putih
- cabe merah
- terasi
- garam

caranya :

- haluskan semua bumbu lalu tumis hingga harum.
- masukkan nasi lalu aduk2 hingga bumbu merata.
- hidangkan

bakalan tambah syedaappp kalo makannya plus kerupuk, kriuukkk...

Selasa, 10 Januari 2012

Ceker Manis Pedas




Bahan :

10 potong ceker ayam
5 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih , iris
5 sdm kecap manis
3 sdm saus tomat
1 sdm minyak wijen
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
garam dan gula pasir secukupnya
8 buah cabe merah kecil atau sesuai selera
800 ml air atau sesuai kebutuhan..

Pelengkap :
-1 buah cabe merah iris
-1 batang daun bawang iris

cara membuat ;

-masukkan smua bahan2 kedalam panci
-rebus dgn api kecil hingga kuah menyusut dan ceker empuk.
-sajikan dgn taburan cabe merah iris dan daun bawang iris.

sayur bening bayam









Dirumah lagi pd kena sariawan alias panas dalem, akibat sering makan yg pedes2 kayaknya...atau selama ini kurang makan buah2an atau sayuran yaa. Makanya hari ini emak masak sayur bayem aja deh...
sayur bayam nya pake jagung manis biar ada variasi nya, biasanya ditambahin wortel juga..tp lagi gak punya persediaan wortel nih...

bikin sayur ini gampang banget, cuma cemplang cemplung bumbu aja jadi deh...
kalo masih penasaran ya gini...:

- iris bwg merah sama bwg putih, tumis bentar sampe wangi aja.
- rebus air sampe mendidih, masukkan bwg yg udah ditumis, jagung yg udah dipotong2
- rebus jagung hingga matang, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya
- masukkan bayam yg udah dipetik2.
- masak hingga bayam setengah matang.
- angkat dan sajikan ketika udah dingin.

catatan : bayam akan berproses menjadi matang selama di dinginkan, jd jgn rebus sampe bayamnya matang, cukup hingga setengah matang aja.

Senin, 09 Januari 2012

opor ayam


hari ini masak yg agak serius nih...hahaha, kenapa serius? kan pake santan.. ;)
soalnya kalo masak yang pake santan plus pake acara ngulek bumbu bagi saya adalah sesuatu yg serius...hihi
anak2 sukanya sama ayam, di apain aja okeyy...so hari ini kita masak OPOR aja yaaa..

beli ayamnya cuma bagian sayap aja, biar gak rebutan... biar adil semua kebagian cuma sayapnya aja.
lagian bagian sayap emang enak sih, selain paha bawah tentunya..
kalo anak2 tadi makannya pake nasi, kalo saya pake lontong plus sambal rawit...segerrr

bahannya :

- 500 gram sayap ayam, cuci bersih
- daun salam 2 lbr
- serai 1 batang di geprek
- daun jeruk 2 lbr
- santan kental 500ml
- bawang goreng secukupnya

haluskan :
- 5 siung bwg merah
- 4 siung bwg putih
- 2 butir kemiri
- 1sdt lada
- 1 sdt ketumbar
- 1 cm kunyit
- 1 cm jahe
- 1 cm laos

caranya :

- tumis bumbu halus, daun salam, jeruk, dan serai sampai harum.
- masukkan ayam, masak sampe stngh mateng
- tuang santan sampai kuah mengental dan berminyak.
- angkat, sajikan dgn taburan bwg goreng



Minggu, 08 Januari 2012

Bakwan Udang Sembunyi



Nah...ini penampakan bakwan udangnya, kalo bikin menu ini pasti mesti dilebihin agak banyak,
soalnya belom dihidangkan aja udah pd nyomot...xixixi...
apalagi si sulung yg bentar2 bolak balik ke dapur nyamperin emaknya yg lg ngegoreng bakwan ini...trus comot2 deh ke gorengan yg lg di tiriskan...halaaahhh...

tapi udangnya kok gak nampak ya ??...hahahaha..kayaknya kedinginan tuh !! makanya judulnya jadi "bakwan udang sembunyi" aja deh...
selain jadi teman nasi, di jadikan cemilan juga maknyossss.. dicocol pake saos sambal botolan
untuk teman minum teh atau kopi pas sore2 yg mendung.

bahan :
- udang kupas 150 gram
- terigu 100 gram
- telur 1 butir
- daun bawang 1 batang diris halus

haluskan :
- bwg putih 2 siung
- lada
- garam

caranya :
- campur udang, terigu,dan telur
- masukkan bumbu halus dan irisan daun bawang
- goreng dlm minyak panas sesendok demi sesendok sampe kuning keemasan.
- sajikan hangat dgn saus sambal botolan


oseng kangkung terasi


hari minggu yang mendung ini hari terakhir anak2 libur sekolah, pengen masak yg cepet en praktis aja deh..
karena bnyk tugas yg mesti diberesin menjelang anak2 masuk sekolah.

makanya bikin oseng kangkung terasi ini biar cepet, di temani bakwan jagung dan pepes tahu, hmmm...nikmat
cocok untuk makan siang di saat hujan rintik2 kayak sekarang. Meskipun hati tetep inget sama jemuran yg gak kering2, hehe...Alhamdulillah, semuanya lahap dan nikmat.

bikinnya praktis banget :

- 1 ikat kangkung.
- 1 siung bwg putih
- 2 siung bwg merah
- 2 buah cabe merah
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- terasi matang secukupnya

-haluskan semua bumbu, tumis hingga harum.
-masukkan kangkung yg udah di petik2, tambahkan sedikit air, garam dan gula.
-aduk2 sebentar, angkat dan sajikan.

abis makan ini pasti ngantuk, hehe...

Ikan Patin Kuah Asam



hari minggu siang gini enak banget kalo makan siang sama yg seger2, pilihan jatuh pada ikan patin kuah asam. Rasanya asam2 seger... tapi sayang anak2 sama papapnya gak suka, jadi ini khusus untuk emaknya aja deh ^_^
padahal ini menu yg sehat ya... ikan patin kan kaya akan protein.
hmmm...jadi PR nih untuk emak biar bisa bujuk anak2 supaya doyan ikan patin :(


BAHAN:

-1 kg patin, bersihkan, potong sesuai selera
-5 bh belimbing wuluh
-2 lbr daun salam
-1 cm lengkuas, memarkan
-3 cm jahe, memarkan
-3 lbr daun jeruk
-10 bh cabai rawit utuh
-1 sdt gula pasir
-1 lt air
-minyak goreng

BUMBU dihaluskan:

-10 siung bawang merah
-5 siung bawang putih
-5 bh cabai merah
-5 btr kemiri, sangrai
-2 cm kunyit, bakar
-2 sdt garam

CARA MEMBUAT:

-Goreng ikan patin hingga setengah matang. Sisihkan.
-Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk purut dan cabai rawit. Aduk hingga layu.
-Tambahkan air, gula pasir dan belimbing wuluh. Biarkan mendidih.
-Masukkan ikan patin. Biarkan mendidih sekali lagi.


Sabtu, 07 Januari 2012

cilok bumbu kacang


udah seminggu ini cikampek selalu diguyur hujan, akibatnya apalagi kalo bukan hawa dingin en perut laper :)
jadi bawaannya pgn ngemil aja. Kebetulan anak2 udah pulang dari bdg...suami juga lg ada di rumah jadi bikin cemilan yg murmer tp lezat ahhh..
liat postingan temen di FB jd ngiler, jajanan khas anak SD ini pasti udah npd gak asing lagi ya.

Cilok alias aci dicolok ini emang legendaris dan jd favorit anak2 sekolah sampe skrg *yg tua juga pasti suka deh*
cara bikinnya yg gampang en gak pake lama ini enak dinikmati selagi panas disaat hujan deras kayak sekarang.
yang mau intip resep dan cara bikinnya, hayu atuh mangga... :

bahannya :
-200 gr tpg sagu (kl ga da bs pake tapioka/aci)
-200 gr terigu
-sejumput garam
-bbrp lembar daun bwg iris tipis (hijaunya saja)
-300 ml - 400 ml air panas

bumbu halus :
-2 siung bwg pth
-merica secukupnya

Caranya :
-Campur bumbu halus dg terigu, tuangi air panas sedikit-sedikit sampe kalis (tdk lengket di tangan n bisa dipulung), bulat2kan.
-masukan k dlm air mendidih, sampe mengapung
-angkat dan tiriskan

Bumbu kcg :

-200 gr kacang tanah, goreng dan haluskan dgn sedikit air
-2 siung bwg putih
-2 buah cabe merah
-garam, gula putih dan gula jawa secukupnya

caranya :

-haluskan cabe dan bwg putih, tumis sampe harum kemudian masukkan kacang tanah, garam dan gula
-tambahkan air matang, aduk hingga mendidih dan keluar minyaknya.
-campurkan cilok dgn bumbu kacang, aduk2 hingga merata.
-sajikan cilok bersama bumbu kacangnya selagi panas.


bumbu ciloknya jadi agak gosong, karena kacang tanah gorengnya gak dikupas en nge-gorengnya kematengan :(




kiki sedang menikmati cilok buatan mommy

Rabu, 04 Januari 2012

Semur Campur



sebenernya ini menu minggu kemaren, baru sempet di posting karena kesibukan yg melanda akhir2 ini *cieeee...sok sibuk kali ya* hehehe...
salah satu menu favorit anak2, terutama si sulung yg segala doyan. Kalo mommy nya masak ini pasti makannya jd nambah en lahap...Alhamdulillah.

Bisa dibilang semur ini adalah hidangan komplit sepinggan, gak perlu pake tambahan menu pelengkap lainnya karena udah ada dagingnya, tahu dan kentang. Makanya praktis pisan buat saya yg mood masaknya timbul tenggelam kayak orang kelelep..hahaha..

Apalagi kalo pagi2 di makan sama nasi goreng putih yg cuma di buat pake bawang merah dan garem aja, hmmm...nikmat deh buat sarapan, plus kurupuk blek yg putih *kerupuk aci*.
Resepnya biasa aja, kayak resep bikin semur pd umumnya, cita rasa khas nya ada di pala dan merica.
trus jgn lupa pake kecapnya yg kecap cap bango yaaa...*iklan*
beneran...kalo pake kecap lain rasanya kurang sedap, makanya saya pasang iklan nih...biar hasilnya maknyos :)

Duhh...jd inget anak2 yg lagi liburan di Bandung, cepet pulang atuh AA sama ade, nanti dibuatin semur ini lagi ya...

Ada kesalahan di dalam gadget ini