Pages

Selasa, 20 Desember 2011

tempe mendoan




sebenernya pgn bikin tahu isi gara2 ngeces liat tahu isi punya mba Melly, tp tadi gak nemu tahu di tkg sayurnya..adanya cuma tempe >_< ya udah ambil aja hehe...
mau dibuat tempe mendoan aja deehh..buat maksi juga enak, dicocol pake kecap pedas..hmmm mak nyozzz...^.^

bahannya :
- 1 papan tempe potong tipis2 (tergantung besanya tempe ya, klo aq jd 10 potong)
- 1 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 batang daun bawang iris halus
- garam secukupnya
- kaldu bubuk secukupnya (klo yg suka)
- 2 sdm tepung beras
- 4 sdm tepung terigu
- air secukupnya

caranya :
- haluskan ketumbar, bwg putih dan garam.
- campur trigu dan tepung beras, beri air (jgn terlalu kental or encer )
- masukkan bumbu halus dan daun bawang, aduk hingga rata
- celupkan tempe satu persatu langsung goreng dgn api sedang hingga setengah matang ( kalo mendoan kan teksturnya kayak setengah matang ya..^^)
- sajikan panas2 dengan kecap pedas atau cabe rawit

puding nangka saus mangga




kemaren siang beli nangka di pastrad, mau di bikin es teler tp ga ada alpukatnya...
akhirnya jadi puding busa yg dicampur irisan nangka trus bikin sausnya dari sirup rasa mangga yg di didihkan sama larutan maizena...
Hmmm... manis asem segerrr ^^,

puding :

- 1 bks agar2 warna putih
- 800 ml susu segar (bisa diganti santan)
- 100 gram gula pasir
- 8 biji buah nangka, iris kotak2 kecil
- 2 putih telur, kocok sampe kaku (busa)

- campurkan semua bahan puding, kecuali kocokan putih telur.
- masak dgn api sedang sambil diaduk pelan hingga mendidih
- masukkan adonan puding ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk dgn kecepatan rendah hingga tercampur rata.
- campurkan irisan nangka ke dlm adonan puding.
- masukkan ke dalam cetakan trus dinginkan

pangsit udang





dari dulu pgn coba bikin cemilan yg satu ini..akhirnya jadi juga deh, bikinnya gampang bgt karena pake kulit pangsit siap pake aja, so..tinggal bikin adonan

isinya,,,
lets try !!

Bahan:
-20 lbr kulit pangsit siap pakai
-250 gr udang, haluskan
-250 gr daging ayam filet, haluskan
-100 gr tepung aci
-2 siung bwg putih, haluskan
- 1 sdm tepung terigu
- 1 telur
- daun bawang+seledri, iris halus
-garam,merica,gula pasir,kaldu bubuk

caranya;
-campur semua bahan kecuali kulit pangsit, aduk sampai rata
-ambil selembar kulit pangsit, letakkan 1 sdm adonan lalu tekuk ke 4 ujungnya ke arah tengah.
-goreng dlm minyak banyak pake api kecil hingga kuning kecoklatan.
-sajikan sama saos sambel botolan or mayonaise



Jasuke (jagung susu keju)



cemilan yg dulu populer di mall ini emang enaaakk..., paduan jagung manis yg renyah sama keju yg gurih plus susu yg legit...hehehe...

punya jagung hasil berburu di pasar tempo hari, mau direbus gitu aja ga seru, dibikin perkedel jagung..maless :)
inget2 pnya resep bikin cemilan mall ini dari temen, horeee...anak2 suka dan sekejap saja ludesss..^^
resepnya udh aq modifikasi sesuai bahan yg ada aja...
silahkan...

bahannya :

- 250 gram jagung manis pipil
- 4 sdm susu kental manis
- 1 sdm margarine
- 50 gram keju cheddar parut ( aq pke QuickMelt)

caranya :

- kukus jagung selama kurang lebih 10 menit sampe matang, angkat sisihkan.
- siapkan wadah / cup plastik, masukkan jagung selagi hangat
- aduk bersama margarine sampai rata
- beri susu kental manis
- taburi keju parut
- sajikan hangat... SpongeBob aja suka tuh ^___^


es piscok



siang-siang gini enaknya ngemil yg dingin2 ya...punya sisa pisang kepok yg udah mateng bgt, trus di bikin es piscok ini.
inspirasi nya dari jajanan anakku di madrasahnya, sepintas mirip es krim padahal bukan...hehehe, cemilan ini dijamin sehat en bisa bikin anak2 jd banana lovers.

bikinnya juga gampang pisan, yang mau bikin yuk...

Bahan :

- 5 buah pisang kepok, potong jd 2 bagian
- 100 gr DCC
- 1 sdt mentega
- kacang mede yg ditumbuk kasar, rice crispy, meises warna warni untuk taburan.

caranya:

- kukus pisang hingga matang,sisihkan
- tim coklat bersama mentega hingga meleleh
- ambil 1 buah pisang, tusuk pake stik es krim, celupkan ke dalam coklat taburi dgn kacang mede, rice crispy atau meises warna warni.
- bekukan di freezer.

Rabu, 14 Desember 2011

yg bikin lupa diet..

makan siang kemaren bikin terong ungu yg digoreng trus pake toping sambel teri, dan sukses bikin lupa daratan alias nambah porsi makan hehehe....*lupa sama diet* makanya yg lg diet gak boleh sering2 bikin ini yaaa...hehehe

bahannya :
- 1/2 kg terung ungu
- 100 gram teri ( boleh apa aja, ini pake teri jengki)
- 3 siung bwg putih
- 2 siung bwg merah
- 5 buah cabe merah
- 1 buah tomat ukuran besar
- garam, gula, secukupnya
- daun kemangi utk taburan

caranya :
- goreng terung sampai matang *klo sukanya gak terlalu mateng jgn kelamaan gorengnya* sisihkan
- goreng teri sampai kering, sisihkan
- ulek kasar semua bumbu
- tumis hingga harum, tambahkan garam, gula dan air secukupnya, lalu masukkan teri yg udh di goreng.
- aduk hingga air menyusut dan matang.
- tata terung di atas piring lalu tambahkan sambel teri di atasnya dan taburi dgn daun kemangi segar.

menu putus asa *_*

_Ayam goreng adalah makanan kebangsaan anak2ku..hihihi, jd mengolahnya pun udah lihai bin ahli karena hampir tiap minggu pasti ada menu yg satu ini.
bisa juga disebut menu "putus asa" hehehe...disaat binun gak tau kudu masak apa akhirnya si ayam goreng inlah alternatif terakhir yg jd pilihan, jd taraf bosennya pun udah akut alias stadium IV tp gak pernah kapok2 tuh...xixixi

bumbunya biasa aja, cuma pas ngungkep dicampur sama kelapa parut.
ini bahannya :

- 1/2 kg ayam, cuci sampe bersih
- 3 siung bwg merah
- 3 siung bwg putih
- 1 ruas kunyit
-1 ruas jahe
- 1 ruas lengkuas
- 250 gram kelapa parut
- daun salam, sereh, garam, bubuk kaldu dan air secukupnya
caranya :
semua bumbu tsb dihaluskan kecuali kelapa parut, daun salam dan sereh,kemudian ditumis sampe harum, trus masukkan ayam dan parutan kelapa, tambahkan air trus ungkep sampai air menyusut.
setelah itu goreng ayam sampai matang lalu kelapanya di goreng terpisah biar gak gosong.
sajikan ayam dgn taburan serundeng kelapa dan lalapan plus sambel terasi... 

Tahu saos Tiram

punya tahu kiriman dari mama mertua, se-tupperware penuh :)
udah bosen digoreng, di pepes, akhirnya di masak yg cepet aja untuk menu maksi...simpel en sedap ^^ mamamnya sama cah kangkung en kurupuk kampung...hmmm sepiring gak cukup deh, xixixi..

let's try !!

bahan :

- 5 buah tahu kuning, belah segitiga
- 2 butir bwg merah, iris
- 2 butir bwg putih, iris
- 1 buah cabe merah, iris serong
- 1 buah tomat, potong2
- 1 ruas jahe, iris
- 10 buah cabe rawit utuh
- irisan daun bawang, utk taburan
- 1 sdm saos tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdm kecap ikan
- 1/2 sdt kecap asin
- garam, merica, gula pasir

cara :

-goreng tahu hingga matang, sisihkan
-tumis bumbu iris sampe harum, masukkan bumbu2,
dan cabe rawit
-tambahkan air sedikit, masukkan tahu.
- masukkan larutan maizena, adk hingga mengental
-angkat, taburi irisan daun bawang
Ada kesalahan di dalam gadget ini