Pages

Senin, 16 April 2012

Butterfly Cake

<


ini juga masih dlm rangka ngabisin stok kulit pastry instan..., resep en caraya masih dari dapur teh vivi
cuma ini rasanya manis coz pake tambahan gula pasir.
Jadi inget salah satu kue yg mirip banget sama ini, namanya "GENJI PIE" yg bnyk dijual di toko2
rasanya manis2 kriuk ^_^

Jumat, 13 April 2012

Cheese Puff Pastry


berhubung di rumah lagi gak puya cemilan, en kebetulan masih punya sisa kulit pastry di freezer...
jadinya bikin snack ini, resep dan caranya dpt intip di dapur teh vivi nowotny :)
*makasih ya teh...*

caranya gampang banget, tinggal potong2 kulit pastry nya, trus tata di atas loyang yg udah di alasi kertas roti, kemudian taburi keju parut...trus panggang hingga matang deh..
syedaaapppp...!!!


Gurame saos asam manis



Menu makan malam kemarin, alhamdulillah kali ini sukses bikin saosnya...
gara2 liat postingan hanie di bbm yg masak ikan pake saos asam manis, jd ngiler nih pgn buat juga..lagian udah lama gak pernah masak ikan, abis anak2 doyannya ayaaaaammmm ajaaaa.. *keluh*

Masaknya sore2 sambil nunggu papa pulang kerja, jd bisa dinikmati bareng2 :)
menu tambahannya aq masak kwetiau goreng aja.. plus tahu goreng, mantaaapp !!





-1 ekor ikan gurame, fillet bagian dagingnya, potong kotak2 kecil
-1 siung bawang putih, haluskan
-1 sendok teh garam
-1 buah jeruk nipis, ambil airnya
-3 sendok makan tepung maizena

Saus:
-2 siung bawang putih, memarkan
-1 buah bawang bombay, potong tipis bulat
-1 batang daun bawang, potong tipis serong
-1 buah cabai merah, potong tipis serong
-2 cm jahe
-1 buah wortel, iris bentuk korek api
-5 sendok makan saus tomat
-2 sendok teh tepung maizena
-150 cc air
-1 sendok teh garam
-1 sendok teh gula pasir
-1/2 sendok teh merica bubuk
-1/2 sendok teh cuka
-2 sendok makan minyak

Cara membuat

Ikan: campur bawang putih, garam, dan air jeruk nipis, aduk hingga rata, lalu lumurkan pada ikan gurame hingga rata, diamkan sekitar 10 menit, tiriskan.

lumuri ikan dengan tepung maizena hingga rata, lalu goreng dalam minyak panas dan banyak hingga matang dan kering, angkat, sisihkan.

Saus:

-panaskan minyak, lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga kuning.

-Masukkan daun bawang, cabai merah, jahe, wortel, saus tomat, garam, gula, merica bubuk, dan cuka, aduk rata.

-Masukkan tepung maizena yang telah dicampur dengan air, aduk rata, masak hingga matang dan kuah mengental, angkat.

-Siramkan saus ke atas ikan yang tadi telah digoreng sesaat sebelum dihidangkan.


Rabu, 11 April 2012

Nasi Goreng Teri




pagiiiiiiii...... pagi yg cerah ini disambut dgn setumpuk cucian yg manis, wkwkwk...
dan seperti biasa kalo abis jd laundry's woman bawaannya pasti laperrrr, hehehe..
ada nasi sisa kemaren sore yg lumayan bnyk, so di bikin nasgor aja, kebetulan masih punya stok teri medan jd kita bikin NASI GORENG TERI MEDAN yuuukss...

bahan :
- 2 piring nasi putih
- 2 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit
- iris semua bumbu diatas
- 50 gram teri medan, goreng kering,sisihkan
- kecap asin
- garam secukupnya

tumis bumbu iris hingga harum, masukkan nasi dan bumbu lainnya
lalu aduk hingga rata, masukkan teri yg udah digoreng.
aduk lagi hingga rata, angkat dan sajikan.

makannya sama kerupuk, enaaaakkk...pedas2 kriuk..kriukkk.. ^___^

Selasa, 10 April 2012

Zuppa Chicken Soup



Kemaren malem ceritanya mau bikin zuppa zuppa, tapi ternyata gak punya telor utk polesannya
akhirnya batal en diganti jd sosis bakar... Ehh skrg anak2 nagih pengen dibuatin zuppa nya, hadeuhhh..
padahal emaknya lagi gak enak body nih, tapi pada ribut aja pengen cpt2 dibikinin.

akhirnya terjun juga ke dapur, dibantu anak2... pake yg serba instan aja ini mah, sup krim instan sama
kulit pastry instan juga, hehehe...maklum belum bisa bikin kulit pastry nih
setelah hampir 45 menit, selesai deh... jadinya 4 mug, pas utk papap, mamah sama aa en adek ^_^

Jadi malam ini kita dinner pake Zuppa zuppa aja yaaaa... sluuurrrpppp !!

Martabak Bolu Pandan



bikinnya udah lama, tapi baru sempet di posting nih :)

Sosis bakar saos teriyaki




tadi malam anak2 ribut minta cemilan, pengennya sih bikin zupa zupa, tp berhubung lg gak punya persediaan telur utk polesannya, en diluar lagi hujan gede ya akhirnya gak jadi deh..
tapi sebagai gantinya mereka minta dibuatin sosis bakar, okeeeyyy deeehhh...

bikinnya gak pake lama, tinggal campur2 saosnya trus lumurin ke sosis trus bakar hingga matang
pas mau disajikan tinggal diberi toping saos mayonaise..

bahan campuran saos :

- saos teriyaki
- saos tomat
- saos sambal
- kecap asin
- kecap manis

takarannya suka2 aja ya, maklum ini mah dadakan ^_*

-campur semua bahan saos, trus oleskan pada sosis yg udah di kerat2
-bakar hingga matang sambil dibolak balik.

Senin, 09 April 2012

Lontong Opor




Punya ayam kampung yg msh muda, dan udah niat banget pgn dibikin opor.
kebetulan juga punya persediaan kentang en cabe ijo, yg bisa di cocokin sama opor.
tinggal beli lontongnya di mang ketoprak langgananku deh...sippp !!!

Jadinya makan siang hari ini serasa suasana lebaran deh, menu nya lontong, opor ayam, sambal goreng kentang pake pete plus ase cabe ijo. karena menu ini merupakan menu wajib pas idul fitri tiba, tapi sayang...kali ini tanpa asinan/acar timun wortel sama emping nya nih :( abis lg gak punya persediaan bahannya.. ini pun hanya memanfaatkan bahan2 yg ada di kulkas aja.

untuk resep opor, udah pernah saya posting sblmnya.
jadi gak bakalan saya ketik lagi ya ^_^


~ Sambal goreng kentang pete ~

1/2 kg kentang, potong dadu, goreng hingga kuning kecoklatan
2 papan pete, kupas
2 bh bawang putih, haluskan
4 bh bawang merah, aluskan
4 bh cabe merah besar, buang biji, iris halus
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 btg serai
1 sdt garam
100 ml santan

Cara Membuat :
*.Tumis bumnu halus hingga wangi. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk rata.
*.Masukkan pete, tuangi santan biarkan mendidih.
*.Masukkan kentang, aduk rata, hingga matang dan bumbu meresap.


~ Ase Cabe Ijo ~

200 gram cabe ijo, potong bulat2
5 butir bawang merah,haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
½ sdt merica
3 butir kemiri, haluskan
200 ml air
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :

*tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan air, biarkan mendidih.
*masukkan cabai hijau dan bumbu lainnya.
*aduk2 hingga bumbu meresap, lalu angkat dan sajikan.


Jumat, 06 April 2012

Pepes teri Medan



dapet kiriman teri medan dari my friend yg baru pindahan ke medan nih, makasiiiih ya haniiiiieeeee...*peluk*
ide menu pertama yg muncul pgn bikin pepes aja ah, udah lama gak bikin pepes nih...kebetulan hari ini anak2 pd libur jd udah kebayang pasti pd kangen sama pepes buatan emaknya, hihihi...

akhirnya nguprek dari pagi bikin pepes teri medan, sebagai menu tambahannya aku bikin sayur asem, tahu goreng sama lalap sambel... dan pas anak2 sama papapnya pulang jumatan langsung nyerbu menu maksi yg seger2 ini deh :)
makasih ya hanie, Alhamdullillah Jazakallah... kirimannya bisa dinikmati sama kita semua.



Bahan :

250 gr teri medan
3 buah cabe merah, iris tipis
3 buah cabai hijau iris tipis
2 batang bawang daun, iris
2 lembar daun salam
1 batang serai
1 buah tomat
10 buah cabai rawit utuh
daun kemangi secukupnya
Garam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus
lidi untuk menyemat

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat:

Campur semua bahan, aduk rata
Bungkus 2 sdm adonan dengan daun, tambahkan 2 buah cabe rawit di atasnya, bungkus sedemikian rupa sehingga rapat, semat dengan lidi
Kukus 20 menit
Angkat, tiriskan
Ada kesalahan di dalam gadget ini