Pages

Senin, 09 April 2012

Lontong Opor




Punya ayam kampung yg msh muda, dan udah niat banget pgn dibikin opor.
kebetulan juga punya persediaan kentang en cabe ijo, yg bisa di cocokin sama opor.
tinggal beli lontongnya di mang ketoprak langgananku deh...sippp !!!

Jadinya makan siang hari ini serasa suasana lebaran deh, menu nya lontong, opor ayam, sambal goreng kentang pake pete plus ase cabe ijo. karena menu ini merupakan menu wajib pas idul fitri tiba, tapi sayang...kali ini tanpa asinan/acar timun wortel sama emping nya nih :( abis lg gak punya persediaan bahannya.. ini pun hanya memanfaatkan bahan2 yg ada di kulkas aja.

untuk resep opor, udah pernah saya posting sblmnya.
jadi gak bakalan saya ketik lagi ya ^_^


~ Sambal goreng kentang pete ~

1/2 kg kentang, potong dadu, goreng hingga kuning kecoklatan
2 papan pete, kupas
2 bh bawang putih, haluskan
4 bh bawang merah, aluskan
4 bh cabe merah besar, buang biji, iris halus
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 btg serai
1 sdt garam
100 ml santan

Cara Membuat :
*.Tumis bumnu halus hingga wangi. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Aduk rata.
*.Masukkan pete, tuangi santan biarkan mendidih.
*.Masukkan kentang, aduk rata, hingga matang dan bumbu meresap.


~ Ase Cabe Ijo ~

200 gram cabe ijo, potong bulat2
5 butir bawang merah,haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
½ sdt merica
3 butir kemiri, haluskan
200 ml air
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :

*tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan air, biarkan mendidih.
*masukkan cabai hijau dan bumbu lainnya.
*aduk2 hingga bumbu meresap, lalu angkat dan sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini